Entri Populer

Jumat, 29 April 2011

Selamat Hari Jum'at

Entah Jum'at ke berapa yang sudah saya lalui, artinya Sholat Jum'at sejak kecil hingga sekarang.  Rasanya belum ada yang terlalu membekas ceramah atau suasana Jum'atan di mesjid-mesjid yang pernah saya singgahi.

Apakah saya kehilangan makna kalau begini?  Mudah-mudahan tidak, karena saya selalu berpikiran positif akan hari Jum'at.  Alih-alih ngga nemuin kekhusyukan, saya ngga mau melempar bola panas bahwa orang lain atau suasana sekitarnya lah yang jadi penyebab.

Saya ingin introspeksi, that's it!

Barangkali saya belum paham betul dan berusaha sepaham-pahamnya memuliakan hari Jum'at atau mungkin saya terlalu egois, maunya enak saja.  Sholat Jum'at adalah sebuah ritual, tanpa melihat landasan ilmunya sekaligus prakteknya yang belum saya jalankan.

Setahu saya ritual hari Jum'at sudah dimulai di malam sebelumnya, yaitu malam Jum'at.  Karena itu, supaya start-nya ngga terlambat dan puncaknya di hari Jum'at, maka persiapan harusnya sudah dimulai semenjak hari  Kamis.  So simple, isn't it?

Sekarang beralih ke amalan-amalan di hari Jum'at, banyak yang bilang kudu banyak sedekah dan amal jariyah.  Mudah-mudahan saya bisa melakoninya dengan ikhlas dan lapang dada.  Karena saya percaya bahwa tujuan amal jariyah atau sedekah adalah menghilangkan kepelitan dalam dada dan menggantinya dengan keikhlasan bahwa dalam rejeki kita ada rejeki orang lain.

Well, mudah-mudahan refleksi singkat ini dapat saya jalani dengan baik.

Amin bukan Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar